Oleh: sandyhermawan | Februari 13, 2009

Jaket Kulit Dari Garut

JAKET KULIT – The Exclusive Garut Hand Made Product

Jaket kulit adalah salah satu komoditas andalan dari pengrajin kulit di Kabupaten Garut, terutama dengan bahan jaket yang menggunakan kulit domba, hal ini seiring dengan komoditas domba garut yang menjadi icon kembanggaan daerah Garut. Adapun di kalangan tertentu khususnya di lingkungan bisnis fashion terkenal dengan sebutan “Jaket Kulit Garut”.

Faktor pendukung terwujudnya sentra industri jaket kulit ini diantaranya adalah ketersediaan bahan baku. Sumber bahan baku di Kabupaten Garut cukup melimpah dengan lokasi yang strategis, berdekatan bahkan menyatu dalam lingkungan sentra industri kecil penyamakan kulit.

Selain itu letak geografis Kabupaten Garut yang dekat dengan kota Bandung sebagai pusat perdagangan pakaian jadi dan Jakarta sebagai pusat perdagangan nasional, memungkinkan pelaku bisnis untuk terus serius meningkatkan produksi jaket kulit karena mudah dipasarkan.

Saat ini di sektor industri pakaian jadi dari kulit di Kabupaten Garut tergabung 342 unit usaha, dengan menyerap kurang lebih 2.132 tenaga kerja. Dalam proses pendataan Dinas Perindag dan Penanaman Modal Kabupaten Garut pernah tercatat jumlah produksi per tahun Jaket Kulit Mulus adalah sebesar 38.700 potong dan Jaket Kulit Sambung sebanyak 193.500 potong. Adanya permintaan terhadap jaket kulit yang terus meningkat dari daerah di luar Kabupaten Garut (pasaran lokal maupun nasional) seperti dari Bandung, Jakarta atau beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali maupun Sumatera telah mendorong pengrajin jaket kulit di Kabupaten Garut tumbuh dan berkembang lebih cepat dibandingkan pengrajin kulit di daerah-daerah lainnya.

Selain memenuhi permintaan konsumen lokal dan nasional, Jaket Kulit Garut juga sudah merambah ke pasar internasional, seperti Singapura, Malaysia, Taiwan, Jepang, dll. Data terakhir, jaket kulit Garut di-ekspor ke Singapura, Malaysia, Taiwan dan Australia dengan volume mencapai 5.100 potong senilai US$258.651,0.

Saat ini, sebagian besar pengrajin jaket kulit berada di kompleks industri kulit Sukaregang di Kecamatan Garut Kota. Data terakhir yang diperoleh berkenaan dengan industri pengolahan pakaian jadi dari kulit di Kabupaten Garut adalah sebagai berikut:

Uraian Formal Informal Jumlah
Unit Usaha 73 269 342
Tenaga Kerja 817 1.315 2.132
Investasi (000 Rp)/tahun 384.000 1.345.000 1.729.000
Nilai Produksi (000 Rp)/tahun 27.375.000 24.871.000 52.246.000
Sumber : Dinas Perindag PM Kabupaten Garut

Sumber : garut.go.id


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori